Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter
Bangsa
NILAI
|
DESKRIPSI
|
1. Religius
|
Sikap
dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
|
2. Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan
dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan,
dan pekerjaan.
|
3. Toleransi
|
Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap,
dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
|
4. Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib
dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan.
|
INDIKATOR KEBERHASILAN SEKOLAH DAN KELAS
DALAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN
KARAKTER BANGSA
NILAI
|
Deskripsi
|
INDIKATOR SEKOLAH
|
INDIKATOR KELAS
|
1. Religius
|
Sikap dan perilaku yang patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang
dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun
dengan pemeluk agama lain.
|
§ Merayakan hari-hari
besar keagamaan.
§ Memiliki fasilitas yang
dapat digunakan untuk beribadah.
§ Memberikan kesempatan
kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
|
§ Berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran.
§ Memberikan kesempatan
kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
|
2. Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu
dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
§ Menyediakan fasilitas
tempat temuan barang hilang.
§ Tranparansi laporan
keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
§ Menyediakan kantin
kejujuran.
§ Menyediakan kotak saran
dan pengaduan.
§ Larangan membawa
fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
|
§ Menyediakan fasilitas
tempat temuan barang hilang.
§ Tempat pengumuman
barang temuan atau hilang.
§ Tranparansi laporan
keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
§ Larangan menyontek.
|
3.Toleransi
|
Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap,
dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
|
§ Menghargai dan
memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa
membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan
kemampuan khas.
§ Memberikan perlakuan
yang sama terhadap stakeholder
tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
|
§ Memberikan pelayanan
yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama,
ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
§ Memberikan pelayanan
terhadap anak berkebutuhan khusus.
§ Bekerja dalam kelompok
yang berbeda.
|
1.
KETERKAITAN NILAI, JENJANG KELAS DAN INDIKATOR UNTUK SMP–SMA
NILAI
|
INDIKATOR
|
|
7 – 9
|
10- 12
|
|
Religius:
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan
ajaran agama yang dianutnya, toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama
lain.
|
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui kemampuan
manusia dalam melakukan sinkronisasi antara aspek fisik dengan aspek
kejiwaan.
|
Mensyukuri keunggulan manusia sebagai makhluk
pencipta dan penguasa dibandingkan makhluk lain
|
Mengagumi kebesaran Tuhan karena kemampuan
dirinya untuk hidup sebagai anggota masyarakat.
|
Bersyukur kepada Tuhan karena menjadi warga bangsa Indonesia.
|
|
Mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan
berbagai alam semesta.
|
Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan
berbagai keteraturan di alam semesta.
|
|
Mengagumi kebesaran Tuhan karena adanya agama
yang menjadi sumber keteraturan hidup masyarakat.
|
Merasakan kebesaran Tuhan dengan keberagaman
agama yang ada di dunia.
|
|
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok
bahasan dalam berbagai mata pelajaran.
|
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok
bahasan dalam berbagai mata pelajaran.
|
|
Jujur:
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang
selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
Tidak menyontek ataupun menjadi plagiat
dalam mengerjakan setiap tugas.
|
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
|
Mengemukakan pendapat tanpa ragu tentang suatu pokok diskusi.
|
Menyebutkan secara tegas keunggulan dan kelemahan suatu pokok bahasan.
|
|
Mengemukakan rasa senang atau tidak senang terhadap pelajaran.
|
Mau bercerita tentang permasalahan dirinya dalam menerima pendapat
temannya.
|
|
Menyatakan sikap terhadap suatu materi diskusi kelas.
|
Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya.
|
|
Membayar barang yang dibeli di toko sekolah dengan jujur.
|
Membayar barang yang dibeli dengan jujur.
|
|
Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.
|
Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.
|
|
Toleransi:
Sikap dan tindakan yang menghargai
perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang
berbeda dari dirinya.
|
Tidak menggangu teman yang berbeda pendapat.
|
Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.
|
Menghormati teman yang berbeda adat-istiadatnya.
|
Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis
|
|
Bersahabat dengan teman dari kelas lain.
|
Mau mendengarkan pendapat yang dikemukakan teman tentang budayanya.
|
|
Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas.
|
||
Disiplin:
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan.
|
Selalu tertib dalam melaksanakan tugas-tugas kebersihan sekolah.
|
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
|
Tertib dalam berbahasa lisan dan tulis.
|
Tertib dalam menerapkan kaidah-kaidah tata tulis dalam sebuah tulisan.
|
|
Patuh dalam menjalankan ketetapan-ketetapan organisasi peserta didik.
|
Menaati peosedur kerja laboratorium dan prosedur pengamatan permasalahan
sosial.
|
|
Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas.
|
Mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan sendiri.
|
|
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis.
|
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis ilmiah.
|
|
Kerja keras:
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai
hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
Mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah
ditetapkan.
|
Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.
|
Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.
|
Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas
dan luar kelas.
|
|
Selalu fokus pada pelajaran.
|
Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari
berbagai sumber.
|
B.
PETA NILAI PBKB BERDASARKAN MATA PELAJARAN
1.
JENJANG
PENDIDIKAN MENENGAH
MATA PELAJARAN
|
NILAI BERDASARKAN JENJANG KELAS
|
10 - 12
|
|
PKn
|
· Semangat Kebangsaan
· Cinta Tanah air
· Menghargai Prestasi
· Bersahabat
· Komunikatif
· Cinta Damai
· Senang membaca
· Peduli sosial
· Peduli lingkungan,
· Religius
· Jujur
· Toleran
· Disiplin
· Kerja keras/cerdas
· Kreatif
· Mandiri
· Demokratis
· Rasa ingin tahun
Percaya
· Respek,
· Bertanggung jawab
· Saling berbagi
|
BAHASA INDONESIA
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Disiplin
· Kerja Keras
· Kreatif
· Mandiri
· Demokratis
· Rasa Ingin Tahu
· Semangat Kebangsaan
· Cinta Tanah Air
· Menghargai Prestasi
· Bersahabat/Komunikatif
· Cinta Damai
· Peduli Sosial
· Peduli Lingkungan
· Berani *
· Kritis *
· Terbuka *
· Humor *
· Kemanusiaan*
|
MATEMATIKA
|
· Teliti
· Kreatif
· Pantang menyerah
· Rasa ingin Tahu
|
SEJARAH
|
· Semangat Kebangsaan
· Cinta Tanah Air
· Mengharagai Prestasi
· Bersahabat/Komunikatif
· Cinta Damai
· Senang Membaca
· Peduli Sosial
· Peduli Lingkungan
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Disiplin
· Kerjakeras
· Kreatif
· Mandiri
· Demokratis
· Rasa Ingin Tahu
|
BIOLOGI
|
· Peduli Kesehatan
· Religius
· Mandiri
· Toleransi
· Bersahabat/komunikatif
· Peduli sosial
· Tanggungjawab
· Peduli lingkungan
|
FISIKA
|
· Rasa ingin tahu
· Senang membaca
· Semangat kebangsaan
· Jujur
· Peduli lingkungan
· Toleransi
· Cinta damai
· Kerja keras
· Berani
· Kreatif
|
EKONOMI
|
·
Jujur
·
Peduli
sosial
·
Rasa
ingin tahu
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Cinta
tanah air
·
Kerja
keras
·
Disiplin
·
Semangat
kebangsaan
·
Demokratis
|
GEOGRAFI
|
· Semangat kebangsaan,
· Cinta tanah air,
· Menghargai prestasi,
· Bersahabat,
· Cintai damai,
· Senang membaca,
· Peduli sosial,
· Peduli lingkungan,
· Religius,
· Jujur,
· Toleransi,
· Disiplin,
· Kerja keras,
· Kretaif,
· Mandiri,
· Memokratis,
· Rasa ingin tahu
|
BAHASA INGGRIS
|
·
Bersahabat
·
Komunikatif,
·
Peduli sosial
·
Rasa ingin tahu
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Kerja keras
·
Disiplin
·
Senang membaca
|
KIMIA
|
· Rasa Ingin tahu
· Jujur
· Peduli lingkungan
· Senang membaca
· Kritis
· Kreatif
· Toleran
· Peduli sosial
· Religius
· Disiplin
· Komunikatif
· Mandiri
· Peduli sosial
· Cinta tanah air
· Cinta damai
|
SOSIOLOGI
|
· Bersahabat/
· Komunikasitif,
· Cinta Damai,
· Peduli Sosial,
· Peduli Lingkungan,
· Religius,
· Toleransi,
· Disiplin,
· Kerja Karas,
· Kreatif,
· Demokratis, dan
· Rasa Ingin Tahu
|
C. STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, NILAI, DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN
1. SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA
Mata
Pelajaran
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai
|
Indikator Berdasarkan Jenjang
Kelas
|
10 - 12
|
||||
MATEMATIKA
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
|
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
|
Teliti
|
Bekerja secara teratur, rinci dan tertib
dalam menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
|
Pantang Menyerah
|
Terus mencoba menerapkan aturan pangkat, akar, dan logaritma
|
|||
2
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan
pangkat, akar, dan logaritma.
|
Teliti
|
Cermat dalam melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan
pangkat, akar, dan logaritma.
|
||
Pantang Menyerah
|
Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat yang berkaitan dengan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma.
|
|||
Memecahkan
masalah yang
berkaitan
dengan fungsi,
persamaan dan
fungsi kuadrat
serta pertidaksamaan kuadrat
|
Memahami konsep fungsi
|
Teliti
|
Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap soal yang berkaitan dengan
pemahaman konsep fungsi
|
|
Menggambar grafik
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
|
Teliti
|
Selalu mengecek ulang segala pekerjaan yang telah dilakukan berkaitan
dengan penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
||
Tekun
|
Tidak terpengaruh oleh keadaan lingkungan pada waktu menggambar grafik
fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
|
|||
Jujur
|
Terus berupaya menggambar grafik
fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat secara benar
|
|||
KIMIA
|
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia
|
Memahami
struktur
atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan
sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
|
Kritis
|
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang keteraturan
dalam system periodik unsur
|
Rasa ingin tahu
|
Mencari informasi lebih lanjut tentang fenomena keteraturan dalam unsur
di alam
|
|||
Religius
|
Menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan dalam alam disebabkan oleh Tuhan
penciptanya
|
|||
Disiplin
|
Menunjukkan
kesadaran bahwa disiplin merupakan satu cara untuk mempertahankan keteraturan
alam
|
|||
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia
|
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan
kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika
senyawa yang terbentuk
|
Kritis
|
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang pembentukan ikatan
kovalen, ion, koordinasi
|
|
Komunikatif
|
Menggunakan bahasa yang komunikatif
dalam kelompok untuk mengungkapkan gagasan
|
|||
Menghargai
|
Memberi kesempatan kepada anggota kelompok diskusi untuk mengajukan
pendapat
|
|||
Memahami
hukum-hukum
dasar kimia dan
penerapannya
dalam perhitungan
kimia (stoikiometri)
|
Mendeskripsikan
tata
nama
senyawa
anorganik
dan
organik
sederhana
serta
persamaan
reaksinya
|
Rasa ingin tahu
|
Menunjukkan usaha yang keras untuk memperoleh informasi tentang tatanama
senyawa kimia
|
|
Senang membaca
|
Mencari sumber informasi/bacaan
lain untuk memperoleh informasi tambahan tentang tatanama senyawa
kimia
|
|||
Jujur
|
Melaporkan hasil percobaan berdasarkan data hasil percobaan
|
|||
Menghargai
|
Memberikan kesempatan kepada teman lain untuk mengajukan pendapat dan
mengomentarinya dengan santun
|
|||
FISIKA
|
Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
|
Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
|
Senang membaca.
|
Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk
memahami makna standar , bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
|
Jujur
|
Melakukan eksperimen untuk pengukuran panjang, massa dan waktu
|
|||
Melakukan eksperimen secara benar,
cermat , teliti, taaat azaz, hati-hati, menjaga keslaamatan kerja.
|
||||
Melakukan penjumlahan
vektor
|
Jujur
|
Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik
lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar
|
||
Rasa ingin tahu
|
Mengamati fenomena untuk mengetahui
konsep penjumlahan besaran vektor.
|
|||
Kerja keras.
|
Bekerja
secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya
|
|||
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika
dan dinamika benda titik
|
Menganalisis besaran fisika pada gerak
dengan kecepatan dan percepatan konstan
|
Rasa ingin tahu
|
Mencari informasi lebih
dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep gerak, bertanya
lebih dalam, bertanya pada ahli.
|
|
Peduli lingkungan
|
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat
azaz, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja.
|
|||
Toleran,
|
Bekerjasama dalam kelompok, bertanggung jawab dalam
kelompok
|
|||
Menganalisis besaran
fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
|
Jujur
|
Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan
maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang
benar.
|
||
Kerja keras
|
Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada
waktunya
|
|||
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
|
Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar
dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
|
Rasa ingin tahu
|
Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakukan Hukum
I, II dan III Newton
|
|
Senang membaca.
|
Mencari informasi lebih
dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep Hukum Newton,
bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
|
|||
Kreatif
|
Menemukan kasus-kasus yang menarik terkait dengan penerapan
hukum Newton
|
|||
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
|
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
|
Rasa ingin tahu
|
Mengamati fenomena untuk mengetahui
keberlakuan pentingya alat-alat optik bagai kebutuhan hidup manusia.
|
|
Jujur
|
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat
azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
|
|||
Kreatif
|
Membuat
teropong, teleskope, kamera pinholl
|
|||
Menerapkan alat-alat
optik dalam kehidupan sehari-hari
|
Disiplin.
|
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat
azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
|
||
Kreatif
|
Menampilkan hasil karya dalam kegiatan
pameran
|
kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional. bertempat di SMPN 1 Karangkobar Banjarnegara.
ReplyDeleteHallo Pak... :)
ReplyDeleteingat saya? temen workshop PTK
terima kasih atas infonya pak. ditunggu kunjungan baliknya hehe
Tingkatkan Rasa Nasionalisme !
ReplyDeleteNanis Nurhidayati XIITKJ2 (21)
tingkatkan rasa kesatuan dan solidaritas kita :)
ReplyDeleteNUR ISNAENI
XII-TKJ2 (23)
Mari kita tingkatkan rasa toleransi dan disiplin . . .!!
ReplyDeleteRina Ristiani
XII PM 1(22)
tapi kebanyakan sekarang mereka lebih cinta terhadap negara tentangga dari pada negara sendiri
ReplyDeletezahrotulmutia
xi bb
31
mulailah mencintai produk dalam negri....
ReplyDeleteantin widiyanti
xi bb
03