Friday 19 October 2012

pencanangan pembinaan nasionalisme dan karakter



Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter Bangsa
NILAI
DESKRIPSI
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.




INDIKATOR KEBERHASILAN SEKOLAH DAN KELAS DALAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
NILAI
Deskripsi
INDIKATOR SEKOLAH
INDIKATOR KELAS
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

§  Merayakan hari-hari besar keagamaan.
§  Memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah.
§  Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
§  Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
§  Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
§  Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.
§  Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
§  Menyediakan kantin kejujuran.
§  Menyediakan kotak saran dan pengaduan.
§  Larangan membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau  ujian.
§  Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang. 
§  Tempat pengumuman barang temuan atau hilang.
§  Tranparansi laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
§  Larangan menyontek.


3.Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
§  Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.
§  Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan  status ekonomi.
§  Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
§  Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
§  Bekerja dalam kelompok yang berbeda.


1.      KETERKAITAN NILAI, JENJANG KELAS DAN  INDIKATOR UNTUK SMP–SMA
NILAI
INDIKATOR
7 – 9
10- 12
Religius:
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

Mengagumi kebesaran Tuhan melalui kemampuan manusia dalam melakukan sinkronisasi antara aspek fisik dengan aspek kejiwaan.
Mensyukuri keunggulan manusia sebagai makhluk pencipta dan penguasa dibandingkan makhluk lain
Mengagumi kebesaran Tuhan karena kemampuan dirinya untuk hidup sebagai anggota masyarakat.
Bersyukur kepada Tuhan karena menjadi warga  bangsa Indonesia.
Mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai alam semesta.
Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keteraturan di alam semesta.
Mengagumi kebesaran Tuhan karena adanya agama yang menjadi sumber keteraturan hidup masyarakat.
Merasakan kebesaran Tuhan dengan keberagaman agama yang ada di dunia.
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok bahasan dalam berbagai mata pelajaran.
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui berbagai pokok bahasan dalam berbagai mata pelajaran.
Jujur:
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Tidak menyontek ataupun  menjadi plagiat dalam mengerjakan setiap tugas.
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
Mengemukakan pendapat tanpa ragu tentang suatu pokok diskusi.
Menyebutkan secara tegas keunggulan dan kelemahan suatu pokok bahasan.
Mengemukakan rasa senang atau tidak senang terhadap pelajaran.
Mau bercerita tentang permasalahan dirinya dalam menerima pendapat temannya.
Menyatakan sikap terhadap suatu materi diskusi kelas.
Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya.
Membayar barang yang dibeli di toko sekolah dengan jujur.
Membayar barang yang dibeli dengan jujur.
Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.
Mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan di tempat umum.
Toleransi:
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
Tidak menggangu teman yang berbeda pendapat.
Memberi kesempatan kepada teman untuk berbeda pendapat.
Menghormati teman yang berbeda adat-istiadatnya.
Bersahabat dengan teman lain tanpa membedakan agama, suku, dan etnis
Bersahabat dengan teman dari kelas lain.
Mau mendengarkan pendapat yang dikemukakan teman tentang budayanya.
Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas.
Disiplin:
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.


Selalu tertib dalam melaksanakan tugas-tugas kebersihan sekolah.
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
Tertib dalam berbahasa lisan dan tulis.
Tertib dalam menerapkan kaidah-kaidah tata tulis dalam sebuah tulisan.
Patuh dalam menjalankan ketetapan-ketetapan organisasi  peserta didik.
Menaati peosedur kerja laboratorium dan prosedur pengamatan permasalahan sosial.
Menaati aturan berbicara yang ditentukan dalam sebuah diskusi kelas.
Mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan sendiri.
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis.
Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya tulis ilmiah.
Kerja keras:
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
Mengerjakan semua tugas  kelas  selesai dengan baik pada waktu yang telah ditetapkan.
Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.
Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.
Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas di kelas dan luar kelas.
Selalu fokus pada pelajaran.
Selalu berusaha untuk mencari informasi tentang materi pelajaran dari berbagai sumber.
B.     PETA NILAI PBKB BERDASARKAN MATA PELAJARAN
1.      JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
MATA PELAJARAN
NILAI BERDASARKAN JENJANG KELAS
10 - 12
PKn





















·       Semangat Kebangsaan
·       Cinta Tanah air
·       Menghargai Prestasi
·       Bersahabat
·       Komunikatif
·       Cinta Damai
·       Senang membaca
·       Peduli sosial
·       Peduli lingkungan,
·       Religius
·       Jujur
·       Toleran
·       Disiplin
·       Kerja keras/cerdas
·       Kreatif
·       Mandiri
·       Demokratis
·       Rasa ingin tahun Percaya
·       Respek,
·       Bertanggung jawab
·       Saling berbagi

BAHASA INDONESIA
















·       Religius
·       Jujur
·       Toleransi
·       Disiplin
·       Kerja Keras
·       Kreatif 
·       Mandiri
·       Demokratis
·       Rasa Ingin Tahu
·       Semangat Kebangsaan
·       Cinta Tanah Air
·       Menghargai Prestasi
·       Bersahabat/Komunikatif
·       Cinta Damai
·       Peduli Sosial
·       Peduli Lingkungan
·       Berani *
·       Kritis *
·       Terbuka *
·       Humor *
·       Kemanusiaan*
MATEMATIKA



·       Teliti
·       Kreatif
·       Pantang menyerah
·       Rasa ingin Tahu
SEJARAH
















·       Semangat Kebangsaan
·       Cinta Tanah Air
·       Mengharagai Prestasi
·       Bersahabat/Komunikatif
·       Cinta Damai
·       Senang Membaca
·       Peduli Sosial
·       Peduli Lingkungan
·       Religius
·       Jujur
·       Toleransi
·       Disiplin
·       Kerjakeras
·       Kreatif
·       Mandiri
·       Demokratis
·       Rasa Ingin Tahu
BIOLOGI







·       Peduli Kesehatan
·       Religius
·       Mandiri
·       Toleransi
·       Bersahabat/komunikatif
·       Peduli sosial
·       Tanggungjawab
·       Peduli lingkungan
FISIKA










·       Rasa ingin tahu
·       Senang membaca
·       Semangat kebangsaan
·       Jujur
·       Peduli lingkungan
·       Toleransi
·       Cinta damai
·       Kerja keras
·       Berani
·       Kreatif
EKONOMI










·       Jujur
·       Peduli sosial
·       Rasa ingin tahu
·       Kreatif
·       Mandiri
·       Cinta tanah air
·       Kerja keras
·       Disiplin
·       Semangat kebangsaan
·       Demokratis
GEOGRAFI

















·       Semangat kebangsaan,
·       Cinta tanah air,
·       Menghargai prestasi,
·       Bersahabat,
·       Cintai damai,
·       Senang membaca,
·       Peduli sosial,
·       Peduli lingkungan,
·       Religius,
·       Jujur,
·       Toleransi,
·       Disiplin,
·       Kerja keras,
·       Kretaif,
·       Mandiri,
·       Memokratis,
·       Rasa ingin tahu
BAHASA INGGRIS








·       Bersahabat
·       Komunikatif,
·       Peduli sosial
·       Rasa ingin tahu
·       Demokratis
·       Mandiri
·       Kerja keras
·       Disiplin
·       Senang membaca
KIMIA














·       Rasa Ingin tahu
·       Jujur
·       Peduli lingkungan
·       Senang membaca
·       Kritis
·       Kreatif
·       Toleran
·       Peduli sosial
·       Religius
·       Disiplin
·       Komunikatif
·       Mandiri
·       Peduli sosial
·       Cinta tanah air
·       Cinta damai
SOSIOLOGI











·       Bersahabat/
·       Komunikasitif,
·       Cinta Damai,
·       Peduli Sosial,
·       Peduli Lingkungan,
·       Religius,
·       Toleransi,
·       Disiplin,
·       Kerja Karas,
·       Kreatif,
·       Demokratis, dan
·       Rasa Ingin Tahu













C.    STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, NILAI, DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN
1.      SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Nilai
Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas
10 - 12
MATEMATIKA
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan  logaritma
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.


Teliti
Bekerja secara teratur, rinci dan tertib  dalam menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
Pantang  Menyerah
Terus mencoba menerapkan aturan pangkat, akar, dan logaritma
2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,  dan logaritma.

Teliti
Cermat dalam melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,  dan logaritma.

Pantang  Menyerah
Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat yang berkaitan dengan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,  dan logaritma.
Memecahkan
masalah yang
 berkaitan
dengan fungsi,
persamaan dan
fungsi kuadrat serta    pertidaksamaan kuadrat
Memahami konsep fungsi
Teliti
Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep fungsi
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Teliti
Selalu mengecek ulang segala pekerjaan yang telah dilakukan berkaitan dengan penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Tekun
Tidak terpengaruh oleh keadaan lingkungan pada waktu menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Jujur
Terus berupaya  menggambar grafik fungsi aljabar  sederhana dan fungsi kuadrat secara benar
KIMIA
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

Kritis
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang keteraturan dalam system periodik unsur
Rasa ingin tahu
Mencari informasi lebih lanjut tentang fenomena keteraturan dalam unsur di alam
Religius
Menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan dalam alam disebabkan oleh Tuhan penciptanya
Disiplin
Menunjukkan kesadaran bahwa disiplin merupakan satu cara untuk mempertahankan keteraturan alam
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk
Kritis
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang pembentukan ikatan kovalen, ion, koordinasi
Komunikatif
Menggunakan bahasa yang komunikatif  dalam kelompok untuk mengungkapkan gagasan
Menghargai
Memberi kesempatan kepada anggota kelompok diskusi untuk mengajukan pendapat
Memahami
hukum-hukum
dasar kimia dan
penerapannya
dalam perhitungan
kimia (stoikiometri)
Mendeskripsikan
tata nama
senyawa
 anorganik
dan organik
sederhana
serta
 persamaan
 reaksinya


Rasa ingin tahu
Menunjukkan usaha yang keras untuk memperoleh informasi tentang tatanama senyawa kimia
Senang membaca
Mencari sumber informasi/bacaan  lain untuk memperoleh informasi tambahan tentang tatanama senyawa kimia
Jujur
Melaporkan hasil percobaan berdasarkan data hasil percobaan
Menghargai
Memberikan kesempatan kepada teman lain untuk mengajukan pendapat dan mengomentarinya dengan santun
FISIKA
Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya
Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Senang membaca.

Mencari informasi lebih  dari berbagai sumber (internet) untuk memahami makna standar , bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Jujur
Melakukan eksperimen untuk pengukuran panjang,  massa dan waktu
Melakukan eksperimen secara benar, cermat , teliti, taaat azaz, hati-hati, menjaga keslaamatan kerja.
Melakukan penjumlahan vektor
Jujur
Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang  benar
Rasa ingin tahu
Mengamati fenomena untuk mengetahui konsep penjumlahan besaran vektor.

Kerja keras.

Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya

Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan
Rasa ingin tahu
Mencari informasi lebih  dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep gerak, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Peduli lingkungan
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azaz, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja.
Toleran,
Bekerjasama dalam kelompok, bertanggung jawab dalam kelompok
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
Jujur
Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang  benar.
Kerja keras
Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Rasa ingin tahu
Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakukan Hukum I, II dan III Newton
Senang membaca.
Mencari informasi lebih  dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep Hukum Newton, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Kreatif

Menemukan kasus-kasus yang menarik terkait dengan penerapan hukum Newton
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
Rasa ingin tahu
Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakuan pentingya alat-alat optik bagai kebutuhan hidup manusia.

Jujur
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
Kreatif

Membuat teropong, teleskope, kamera pinholl
Menerapkan alat-alat optik dalam  kehidupan sehari-hari
Disiplin.

Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
Kreatif
Menampilkan hasil karya dalam kegiatan pameran




















7 comments:

  1. kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional. bertempat di SMPN 1 Karangkobar Banjarnegara.

    ReplyDelete
  2. Hallo Pak... :)
    ingat saya? temen workshop PTK

    terima kasih atas infonya pak. ditunggu kunjungan baliknya hehe

    ReplyDelete
  3. Tingkatkan Rasa Nasionalisme !
    Nanis Nurhidayati XIITKJ2 (21)

    ReplyDelete
  4. tingkatkan rasa kesatuan dan solidaritas kita :)

    NUR ISNAENI
    XII-TKJ2 (23)

    ReplyDelete
  5. Mari kita tingkatkan rasa toleransi dan disiplin . . .!!

    Rina Ristiani
    XII PM 1(22)

    ReplyDelete
  6. tapi kebanyakan sekarang mereka lebih cinta terhadap negara tentangga dari pada negara sendiri

    zahrotulmutia
    xi bb
    31

    ReplyDelete
  7. mulailah mencintai produk dalam negri....

    antin widiyanti
    xi bb
    03

    ReplyDelete