Thursday 26 September 2013

CONTOH DRAF KURIKULUM BAHASA JAWA 2013

CONTOH DRAF KURIKULUM BAHASA JAWA 2013
SILABUS MATA PELAJARAN
BAHASA JAWA

Satuan Pendidikan  : SMK
Kelas/Semester      : X/GANJIL
Kompetensi Inti      :
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



SILABUS CERKAK
KELAS X SEMESTER GANJIL

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
1.1.1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan meng-gunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulisan melalui tembang, crita cekak, pawarta, kawruh basa, kawruh subasita, kawruh budaya, dan aksara Jawa.



1.1.1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan meng-gunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulisan melalui tembang, crita cekak, pawarta, kawruh basa, kawruh subasita, kawruh budaya, dan aksara Jawa

1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan crita cekak.
2.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi tulisan melalui crita cekak.
1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan crita cekak.
2.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi tulisan melalui crita cekak.


Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4
























. Menghayati dan mengamal-kan perilaku jujur, disip-lin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menun-jukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalah-an dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Menghayati dan mengamal-kan perilaku jujur, disip-lin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menun-jukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalah-an dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.2 













3.1.1.1  Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 pa-ragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
3.1.1.2 Memahami struktur dan kaidah tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 pa-ragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
3.1.1. 3 Mengevaluasi struktur dan kaidah tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 pa-ragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.


2.1.1.1  Menunjukkan perilaku responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Jawa lisan maupun tulisan untuk  berekspresi melalui tembang, crita cekak, pawarta, kawruh basa, kawruh subasita, kawruh budaya, dan aksara Jawa.
































1.      Mengidentifikasi struktur crita cekak  yang disimak.

2.      Mengidentifikasi struktur teks crita cekak  yang dibaca.








1.      Memahami struktur crita cekak  yang disimak.
2.      Memahami struktur teks crita cekak  yang dibaca.








1.      Mengevaluasi  struktur crita cekak  yang disimak.
2.      Mengevaluasi  struktur teks crita cekak  yang dibaca.









































Cerkak




































Mengamati
Peserta didik mendengarkan teks cerkak

Menanya
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang isi cerkak
Mengeksplorasikan
Peserta didik mengumpulkan informasi terkait cerkak

Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisis  isi cerkak


Mengkomunikasikan
Peserta didik menyampaikan hasil analisis dan kemudian menceritakan  kembali cerkak didepan kelas










































Tugas : membuat teks cerkak

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses menganalisis isicerkak
Portofolio: menilai  kalimat dan isi teks bacaan peserta didik berkaitan dengan materi cerkak


Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan peserta didik dalam menyebutkan isi cerkak






















2 JP






































·     Paket Bahasa Jawa Kelas X.
·     Buku-buku lainya
·     Internet  ( jika tersedia)
·    CD/kaset

4.1.1.1 Menginterpretasi  tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 paragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.

2.1.1.2        Memproduksi tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 paragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
4.1.1.4 Menyajikan tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka dan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 paragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.




1.      Menginterpretasi crita cekak  yang disimak.
2.      Menginterpretasi teks crita cekak  yang dibaca.
















1.      Memproduksi crita cekak secara lisan.
2.      Memproduksi crita cekak secara tulisan.






























1.      Menyajikan crita cekak secara lisan.
2.      Menyajikan crita cekak secara tulisan.






















 


No comments:

Post a Comment