CONTOH DRAF KURIKULUM BAHASA JAWA 2013
SILABUS MATA PELAJARAN
BAHASA JAWA
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : X/GANJIL
Kompetensi Inti :
KI
1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara
efektif dengan
lingkungan
sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3: Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI
4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam
ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
SILABUS CERKAK
KELAS X SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
|
1.1.1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan meng-gunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulisan
melalui tembang, crita cekak, pawarta,
kawruh basa, kawruh subasita, kawruh budaya, dan aksara Jawa.
1.1.1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Jawa dan meng-gunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulisan
melalui tembang, crita cekak, pawarta,
kawruh basa, kawruh subasita, kawruh budaya, dan aksara Jawa
|
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Jawa dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan crita cekak.
2.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Jawa dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi tulisan melalui crita cekak.
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Jawa dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan crita cekak.
2.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Jawa dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi tulisan melalui crita cekak.
|
Terintegrasi pada KD di KI 3 dan KI 4
|
||||
. Menghayati dan mengamal-kan
perilaku jujur, disip-lin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menun-jukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalah-an dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Menghayati dan mengamal-kan
perilaku jujur, disip-lin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menun-jukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalah-an dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.2
3.1.1.1 Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung
saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek
langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 pa-ragraf yang
memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
3.1.1.2 Memahami struktur dan kaidah tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta,
kawruh basa: ragam (ngoko lugu,
ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko,
netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek
langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 pa-ragraf yang
memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
3.1.1. 3 Mengevaluasi struktur
dan kaidah tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung
saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek
langkung), kawruh budaya (mantu), dan
aksara Jawa (2 pa-ragraf yang memuat angka
Jawa), lisan maupun tulisan.
|
2.1.1.1 Menunjukkan perilaku responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Jawa lisan maupun tulisan untuk berekspresi melalui tembang, crita cekak, pawarta, kawruh basa, kawruh subasita, kawruh
budaya, dan aksara Jawa.
1. Mengidentifikasi struktur crita cekak yang disimak.
2. Mengidentifikasi struktur teks crita cekak yang dibaca.
1. Memahami struktur crita cekak yang disimak.
2. Memahami struktur teks crita cekak yang dibaca.
1. Mengevaluasi struktur crita cekak yang disimak.
2. Mengevaluasi struktur teks crita cekak yang dibaca.
|
Cerkak
|
Mengamati
Peserta didik
mendengarkan teks
cerkak
Menanya
Peserta didik
diberi kesempatan untuk menanya tentang isi cerkak
Mengeksplorasikan
Peserta didik
mengumpulkan informasi terkait cerkak
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisis isi cerkak
Mengkomunikasikan
Peserta didik
menyampaikan hasil analisis dan kemudian menceritakan kembali cerkak didepan kelas
|
Tugas
: membuat teks cerkak
Observasi:
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses menganalisis isicerkak
Portofolio:
menilai kalimat dan isi teks bacaan
peserta didik berkaitan dengan materi cerkak
Tes tertulis/lisan: menilai kemampuan
peserta didik dalam menyebutkan isi cerkak
|
2 JP
|
· Paket Bahasa Jawa Kelas X.
· Buku-buku lainya
· Internet ( jika tersedia)
· CD/kaset
|
4.1.1.1 Menginterpretasi tembang
Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam (ngoko lugu, ngoko alus, krama
lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa
(tembung saroja, tembung garba,
tembung plutan, saloka lan bebasan),
kawruh subasita (nyuwun pamit,
matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 paragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
2.1.1.2
Memproduksi tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta, kawruh basa: ragam
(ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko, netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung
saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka lan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit, matur nuwun, nuwun sewu, ndherek
langkung), kawruh budaya
(mantu), dan aksara Jawa (2 paragraf yang
memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
4.1.1.4 Menyajikan tembang Kinanthi, crita cekak, pawarta,
kawruh basa: ragam (ngoko lugu,
ngoko alus, krama lugu, dan krama alus), diksi (tembung ngoko,
netral, krama andhap, krama inggil), kagunan basa (tembung saroja, tembung garba, tembung plutan, saloka dan bebasan), kawruh subasita (nyuwun pamit,
matur nuwun, nuwun sewu, ndherek langkung), kawruh budaya (mantu), dan aksara Jawa (2 paragraf yang memuat angka Jawa), lisan maupun tulisan.
|
1. Menginterpretasi crita cekak yang disimak.
2. Menginterpretasi teks crita cekak yang dibaca.
1. Memproduksi crita cekak secara lisan.
2. Memproduksi crita cekak secara tulisan.
1. Menyajikan crita cekak secara lisan.
2. Menyajikan crita cekak secara tulisan.
|
No comments:
Post a Comment